Header Ads

Menjaga Kesehatan Tubuh (Pola Hidup Sehat)

Sehat Itu Mahal, mungkin kita pernah mendengar pepatah seperti itu. Pepatah ini sebenarnya berarti bahwa untuk tetap sehat, kita perlu mengeluarkan banyak sekali pengorbanan, dan kesehatan itupun terasa sangat sulit untuk benar-benar dirasakan, layaknya kita memiliki sebuah barang mahal. Kita mungkin berpikir bahwa untuk tetap sehat itu perlu membeli alat khusus kesehatan agar tetap sehat, melakukan Medical Check Up (Cek Kesehatan) di Rumah Sakit untuk mendeteksi penyakit, serta membeli obat khusus untuk menjaga kondisi tubuh. Tetapi itu semua akan membutuhkan banyak sekali biaya.  Suatu hal, ketika kita sakit, kita akan merasakan penderitaan dan ingin cepat sembuh. Kita pun kemudian pergi ke dokter, dan terkadang kita mengeluarkan banyak uang, apabila penyakit kita cukup berat. Seperti halnya seorang penderita kanker, ia akan memerlukan banyak sekali perawatan, kemoterapi dan operasi yang memerlukan biaya yang sangat besar untuk dijalankan. Bahkan, ia bisa saja menjual harta-harta berharganya untuk membiayai perawatannya. Oleh karena itu, kesehatan adalah salah satu harta yang sangat berharga dari diri kita sendiri. Tetapi, kita akan merasa heran, apakah untuk menjaga kesehatan itu sendiri harus memerlukan banyak biaya, dan apakah kita harus mempunyai alat khusus kesehatan yang mahal untuk tetap sehat? oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan kita tentang cara menjaga kesehatan tubuh dan tips-tips untuk memulai pola hidup sehat, agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit.




I. Menjaga Kesehatan Tubuh

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita perlu mempertimbangkan aspek-aspek berikut:

a. Waktu Tidur

Tidur malam sebaiknya tidak kurang dari 8 Jam,
 juga tidak lebih dari 10 Jam, Karena waktu tidur 
dapat mempengaruhi kesehatan kita sendiri
Aspek ini meliputi rata-rata jumlah waktu tidur kita sehari-hari. Seseorang yang berprofesi sebagai pekerja kantoran biasanya akan lembur dalam bekerja. Lembur adalah istilah untuk bekerja melewati jam kerja biasa, biasanya dilakukan setelah jam pulang dan bila ada banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan. Lembur bertujuan untuk cepat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk atau untuk menambah gaji atau naik pangkat. Sehingga bisa membuat seseorang pulang ke rumah larut malam, dan mengurangi jam tidur mereka. Biasanya waktu tidur yang baik adalah sekitar 7 hingga 8 jam. Bila jam tidur kurang dari 6 jam, terkadang kita akan merasa lelah dan pegal saat bangun tidur. Pegal bisa dirasakan karena kita terlalu lama bekerja, sehingga otot pun kurang beristirahat. Apabila waktu tidur kita kurang, maka semakin sedikit waktu otot untuk beristirahat, sehingga menimbulkan pegal. Selain itu waktu tidur juga mempengaruhi kesehatan mata. Bila mata sering berhadapan dengan komputer, dan tanpa diimbangi dengan Istirahat yang cukup, bisa membuat mata kita rabun (min/plus/silinder) dalam jangka waktu
Lembur adalah salah satu kebiasaan orang kantor
untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau
hanya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan
cepat. Mesikpun begitu, kebiasaan lembur
tidaklah baik untuk kesehatan karena dengan
lembur maka waktu untuk beristirahat berkurang,
sehingga dapat menurunkan vitalitas tubuh
yang lama. Orang yang waktu tidurnya sedikit juga bisa membuat badan mereka gemuk. Mengapa? karena orang yang masih sadar saat larut malam biasanya akan cepat lapar. Hal itulah yang memicu orang untuk mengemil atau makan saat tengah malam atau subuh. Oleh karena itu, aturlah waktu tidur sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu cepat, juga jangan terlalu lama. Kelamaan tidur juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat membuat seseorang malas dan dapat membuat orang menjadi pikun, karena kurangnya kinerja otak akibat waktu tidur yang kelamaan.

b. Pola dan Jenis Makanan


Contoh Pola Makan yang Seimbang
Ini merupakan faktor terpenting dalam menjaga bentuk tubuh dan memelihara kesehatan. Pola makanan yang benar adalah makan 3 kali sehari, yaitu pada saat pagi, siang dan malam. Sarapan pagi sangatlah diperlukan untuk tubuh agar dapat memberikan tenaga untuk bekerja, dan bila jarang sarapan pagi, maka dapat menimbulkan kerusakan otak, karena otak tidak dapat mendapat asupan gizi dari sarapan pagi, sehingga membuat kinerja otak menjadi sangat berat. Menu sarapan pagi yang cocok adalah makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup. Saat makan siang, jangan terlalu banyak makan, karena dapat membuat perut menjadi begah, sehingga perut kembung. Menu makan siang yang pas adalah makanan yang mengandung jumlah karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang setara. Usahakan untuk tidak makan malam setelah pukul 18:00 / 06:00 P.M. (Pukul 6 Petang), agar pencernaan dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar. Jam Piket Lambung adalah pada pukul 07:00-09:00 dan pukul 19:00-21:00. Menu makan malam yang paling cocok adalah makanan yang tidak mengandung banyak karbohidrat, tetapi banyak mengandung protein, vitamin dan mineral. Makanan yang baik sebaiknya berupa makanan yang segar, bukan makanan olahan atau kalengan, dan cara memasak yang baik adalah dengan direbus, bukan digoreng atau dipanggang. Dipanggang juga baik, asalkan alat pangganggannya bersih, dan kalau mau digoreng, gunakan minyak goreng yang jernih, jangan yang jelantah (bekas pakai). Imbangi porsi makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Makanan 4 Sehat 5 Sempurna itu adalah sebagai berikut:

- Beras, Jagung, kacang-kacangan dan biji-bijian.
- Ikan dan Daging Segar serta produk hewani seperti telur dan madu
- Buah-Buahan
- Sayur-Mayur
- Susu

Untuk yang Vegetarian (Pemakan tumbuh-tumbuhan):

- Beras dan Biji-bijian
- Legum
- Buah-buahan
- Sayur-Mayur
- Susu (Susu Kedelai bagi yang Vegan)


Roti dan Telur, Sarapan pagi yang ideal
Imbangi 4 Sehat 5 Sempurna tersebut sesuai dengan piramida makanan, agar pencernaan dapat berjalan dengan sempurna, sebaiknya mengunyah makanan kurang lebih 32 kali setiap suap. Orang yang memiliki riwayat diabetes pantang mengonsumsi gula dan manisan, karena hormon insulinnya tidak dapat bekerja dengan baik, yang memiliki riwayat darah tinggi pantang mengonsumsi makanan yang asin, karena mengandung banyak purin. Kulit semangka adalah obat paling ampuh bagi penderita darah tinggi. Untuk yang mengalami Asam Urat pantang makan makanan yang bersantan, asin, dan yang memiliki banyak purin. Untuk yang mengalami masalah obesitas seharusnya mengurangi konsumsi lemak agar dapat mengecilkan badannya ke bentuk ideal. Gagal ginjal dapat disebabkan Hindari Makanan yang mengandung LDL (Kolesterol Jahat) yang tinggi, yaitu melebihi 200 mg/dl. Makanan yang mengandung HDL (Kolesterol Baik) yang lebih banyak bila dibandingkan dengan LDL adalah makanan yang baik, karena HDL mendorong LDL untuk keluar dan membersihkan sel pembuluh darah. LDL merupakan Kolesterol yang membentuk plak di dinding pembuluh darah yang dapat menyumbat aliran darah ke tubuh, yang kalau dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan stroke. Hindari mengemil berlebihan karena dapat menyebabkan obesitas. Masakan siap saji tidak terlalu baik untuk tubuh, karena mengandung sedikit gizi, sehingga memakan masakan siap saji haruslah sekali-kali, jangan keseringan. Yang terakhir, hindari makanan yang banyak mengandung pengawet, pewarna, dan perisa. Karena pengawet, pewarna, dan perisa buatan adalah zat yang karsinogenik bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat menyebabkan kanker.

c. Cara Berolahraga


Fitness, salah satu olahraga yang dapat
Melatih stamina dalam tubuh.
Berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan, karena dengan berolahraga, selain bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat, berolahraga juga dapat melatih otot agar menjadi lentur, dan meningkatkan stamina dalam tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berolahraga. Yang pertama adalah cara berolahraga. Hindari berolahraga dengan menggunakan alat yang tidak sepatutnya. Kedua adalah Durasi/Lama berolahraga. Bila terlalu lama berolahraga, maka otot kita akan pegal dan kram. Tetapi bila terlalu sedikit berolahraga, maka tidak akan bermanfaat terhadap tubuh. Ketiga, Jenis Olahraga. Bagi orang yang jarang berolahraga, sebaiknya memulai olahraga dengan olahraga ringan saja seperti berjalan kaki, bersepeda, atau/dan berenang. Bagi yang staminanya lemah hindari melakukan olahraga berat yang memerlukan banyak nafas. Dan yang Terakhir,  adalah Gerak dalam berolahraga. Orang yang berbadan kaku sebaiknya memulai olahraga dengan gerakan yang agak pelan, agar otot tubuh bisa lentur dengan perlahan. Hindari melakukan gerakan yang kuat secara langsung, karena dapat menyebabkan otot keseleo dan kram. Orang yang rajin berolahraga biasanya memiliki jantung yang lebih sehat bila dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Selain menyehatkan jantung, olahraga juga dapat membentuk badan yang atletis, sehingga dapat menjadi daya tarik sendiri bagi diri kita. Olahraga juga bermanfaat bagi sendi tulang kita.

d. Kegiatan/Kebiasaan sehari-hari


Menggosok gigi sebelum tidur adalah salah satu
kebiasaan yang baik.
Ternyata, Kebiasaan sehari-hari kita juga bisa berpengaruh dengan kondisi kesehatan kita. Orang Zaman sekarang memiliki banyak sekali kebiasaan. Tetapi apakah semua kebiasaan itu baik untuk kesehatan tubuh kita? tentu saja tidak. Selain kebiasaan baik yang mampu menyehatkan tubuh kita, ternyata ada juga kebiasaan buruk yang justru merusak kesehatan tubuh kita. Salah satu kebiasaan buruk itu adalah makan terburu-buru. Bila kita makan terburu-buru, maka kinerja lambung akan semakin berat karena lambung akan menerima banyak sekali zat-zat makanan yang akan dicerna sehingga asam lambung yang dikeluarkan menjadi sangat banyak. Inilah yang menyebabkan seseorang terkena Maag. Selain itu salah satu kebiasaan buruk yang cukup sering dilakukan adalah minum sambil berdiri. Bila kita meminum sambil berdiri, maka akan terjadi reflux asam lambung, yaitu naiknya asam lambung ke saluran kerongkongan sehingga dapat menyebabkan nyeri di kerongkongan akibat asamnya cairan asam lambung (PH 1.0-2.5). Bila hal tersebut dibiarkan terus-menerus, bukan bisa jadi lagi akan menyebabkan radang saluran kerongkongan. Kebiasaan buruk lainnya lainnya adalah tidak mencuci tangan sebelum makan. Biasanya kebiasaan ini dilakukan oleh anak-anak. Bila anak tidak mencuci tangan sebelum makan, maka bakteri akan tertinggal di telapak tangan. Bila memakan menggunakan tangan, maka bakteri akan masuk bersamaan dengan makanan kedalam tubuh. Hal inilah yang membuat anak sering sakit perut dan cacingan. Sedangkan salah satu contoh kebiasaan baik adalah menggosok gigi sebelum tidur. Ini sangat baik karena menggosok gigi sebelum tidur adalah membersihkan kuman-kuman yang tertinggal di gigi setelah makan, karena kuman yang tertinggal tersebut biasanya akan membentuk plak di gigi yang biasanya terbentuk saat malam hari, sehingga plak tersebut membuat gigi kita rusak karena plak tersebut merusak email gigi kita. Sehingga menggosok gigi sebelum tidur dapat mencegah terbentuknya plak/karang gigi. Selain kebiasaan, kegiatan sehari-hari juga dapat berpengaruh buat kondisi tubuh kita. Zaman ini adalah zaman modern, sehingga menyebabkan orang memiliki banyak sekali kegiatan. Baik kegiatan yang baik maupun kegiatan yang buruk. Salah satu kegiatan buruk tersebut adalah berlama-lama menonton TV. Bila kita menonton TV, maka waktu kita akan habis dengan berduduk diam didepan TV. Sehingga badan tidak bergerak. Kegiatan inilah yang membuat orang menjadi Gemuk. Apalagi kalau menonton TV Sambil mengemil. Kegiatan seperti itu telah membuat lebih dari setengah penduduk Amerika Serikat mengalami Obesitas, yaitu kelebihan berat badan (Gemuk yang berlebihan). Salah Satu contoh Kegiatan yang baik adalah melakukan pekerjaan berat, seperti memindahkan barang besar. Orang yang sering melakukan pekerjaan berat biasanya memiliki daya tahan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan orang biasa, karena itulah mereka kebal akan panas matahari dan hujan. Itu disebabkan karena tubuh telah terbiasa lelah dengan mengangkat beban, sehingga menyebabkan daya tahan tubuh ditempa dengan baik.

II. Tips untuk menjaga kesehatan

Berikut ini adalah Tips-tips dari Alvin Blogsite yang dapat anda terapkan untuk menjaga kesehatan kalian:

- Tidak meminum Alkohol/Miras (Minuman Keras), dan tidak meminum minuman kalengan/bersoda berlebihan. Usahakan banyak meminum air putih. Minimal 8 Gelas sehari (2,5 Liter) untuk melancarkan metabolisme tubuh
- Tidak merokok untuk mencegah kanker paru-paru akibat nikotin dari rokok yang bertumpuk di paru-paru. Bila merokok, segera hentikan.
- Jangan terlalu sering bergadang, karena terlalu sering begadang
- Makanlah buah-buahan dan sayur-mayur apa saja minimal 3 Kali Sehari
- Saat Sarapan pagi, hindari makanan yang terlalu berat karena pe
- Memakan makanan yang segar, bukan makanan olahan (dalam kemasan/kalengan), dan makan makanan yang direbus atau dipanggang.
- Tidak tidur dibawah 8 jam dan diatas 10 jam.
- Makan dengan porsi secukupnya. Jangan terlalu sedikit, karena dapat membuat tubuh lemas, dan jangan terlalu banyak, karena dapat membuat perut kembung.
- Berolahraga minimal seminggu sekali. Berolahraga membuat tubuh berkeringat, sehingga radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dapat keluar.
- Bila bekerja di depan Komputer, istirahatlah selama 15 menit setiap 2-3 jam sekali, dengan cara memejamkan mata atau melihat tumbuh-tumbuhan. Ini dapat mencegah mata menjadi kaku.
- Hindari duduk terlalu lama dan sering-seringlah bergerak agar dapat membentuk tubuh yang lentur.
- Janganlah menonton TV saat berbaring atau terlalu dekat karena dapat merusak mata.
- Hindari mengemil saat malam hari, karena dapat menyebabkan obesitas.
- Berjalanlah minimal 1 Kilometer per hari agar otot kaki menjadi kuat.
- Gosok gigi minimal 2 kali sehari agar mulut bersih dari kuman.
- Hindari makan dan minum berdiri karena dapat menyebabkan reflux asam lambung naik yang dapat menyebabkan radang saluran kerongkongan dalam waktu yang lama.
- Hindari mengonsumsi Narkoba, karena narkoba dapat merusak sel saraf otak dan tubuh.
- Beristirahatlah ketika berolahraga selama 10 menit setiap satu setengah jam sekali.
- Tidak membaca sambil tidur di tempat yang redup, karena dapat membuat mata menjadi rusak.
- Jagalah berat badan agar tidak obesitas, karena obesitas itu rentan terhadap penyakit seperti diabetes dan serangan jantung.
- Sebelum Makan, biasakanlah cuci tangan dengan sabun antiseptik agar tangan bersih dari kuman dan parasit sehingga makan menjadi lebih higienis
- Bila membeli makanan, perhatikanlah bungkusannya. Bila bungkusannya adalah kertas tinta, sebaiknya anda berpikir dua kali.
- Jika anda sering mengalami flu saat musim hujan, konsumsilah Vitamin C agar tubuh kebal terhadap penyakit. Vitamin C bisa didapat dari Jeruk, Lemon, Cabai, Tablet Vitamin, dan minuman Isotonik.

Menjaga tubuh agar tetap sehat memang memiliki banyak cara, dari yang mudah hingga yang paling rumit. Oleh karena itu, marilah kita menjaga tubuh kita mulai dari sekarang agar kita sehat selalu dan bahagia.



Diposkan oleh: Alvin Blogsite
Tanggal: 22 Desember 2013
Tag (Kata Kunci): Tips, Kesehatan, Gaya Hidup

Mohon Maaf Bila ada kata yang kurang berkenan.

3 komentar

QNC JELLY GAMAT mengatakan...

infonya sangat bermanfaat banget, jangan lupa ya kunjungi juga situs kesehatan aku. Klik aja Di sini Soalnya aku sekarang lagi >))):>GALAU<:(((< gelisah antara lanjut ato udahan

Angela mengatakan...



klik disini

TENTANG GAYA HIDUP JAMAN NOW

TENTANG GAYA HIDUP

BERGAYA TENTANG GAYA HIDUP APA ADANYAT

ENTANG HIDUP SEDERHANA



klik disini


mengatasi masalah rumah tangga

solusi rumah tangga yang hancur

gimana sih mengatasi masalah dalam rumah tangga

Permata Aqiqah mengatakan...


Jasa Aqiqah Murah Permata Aqiqah Bekasi aqiqah bekasi

Diberdayakan oleh Blogger.